twitter
    ind me at facebook :)

Sunday 20 February 2011

Panorama di utara Bangka

Mungkin cuma segelintir orang aja yang pernah bahkan tahu tentang tempat kelahiran gw ini. Yah, memang Belinyu cuma 1 desa kecil di utara pulau Bangka. Masa kecil gw dari sejak lahir sampai lulus SMA dilewatkan disini. Belinyu ga terlalu luas, juga ga terlalu sempit sih, hehe..  Disini apa-apa masih susah, mulai dari listrik, jaringan, informasi, deElEl. Jangan bayangin ada mall, disini cuma ada Puncak (sejenis carrefour gitu). Internet ?? masih EDGE, jadi jangan berharap terlalu banyak bisa download ini itu. Kalo mau ya ke warnet (warnet aja baru booming sekitar 2-3 tahun belakangan), kecepatannya agak lumayan lah.


Mata pencaharian masyarakat disini paling banyak di sektor TI (Tambang Inkonvensional), nelayan, petani juga agak banyak sih. Kalo yang kerja TI bisa dibedain sih, biasanya rumah mereka udah bagus-bagus. Kan rata-rata rumah disini masih banyak yang dari papan, apalagi yang agak pedalaman gitu. TI yang membawa pendapatan yang gede itu membuat banyak masyarakat yang dulunya petani, nelayan, pengangguran beralih profesi jadi penambang TI. Efeknya, yah di sana-sini (bahkan di pinggir jalan, atau di belakang rumah) banyak banget lubang-lubang bekas penambangan TI yang ga ditutup. Kalo ujan pasti lubangnya udah jadi kayak danau buatan gitu. Kalo berminat  mandi disitu, silahkan. Bukan hanya itu, udah ga terhitung berapa banyak orang yang meninggal selama bekerja jadi penambang TI. Entah yang mati tertimbun tanah galian, kecelakaan akibat mesin TI. Herannya, itu ga membuat masyarakat jadi takut. Malah semakin hari semakin banyak penambang-penambang TI yang baru. Huft, gw ga bisa banyangin kalo tiba -tiba tsunami. Dalam hitungan detik pasti Belinyu tinggal nama dalam sejarah *jangan sampai terjadi -_-, amin * .


Dari tadi gw ngomong yang jeleknya melulu, sekarang ngomongin bagusnya, hehe.  Disini banyak tempat wisata yang masih alami, masih belum tersentuh tangan manusia. Yang paling bagus sih pantai-pantainya. muali dari yang berbatu-batu, berlumpur-lumpur, sampai yang polos ga berbatu.
nih beberapa fotonya, cekidot.


1. Pantai Batu Dinding





Oke, kalo yang diatas itu Pantai Batu dinding. Lokasinya paling dekat dari rumah gw. Ini salah satu pantai favorit gw, coz pemandangannya yang adeem banget, banyak batu-batu aneh, cocok banget buat santai di sore hari. Gw sering nongkrong disana pas masih di Belinyu, sambil bawa makanan juga tentunya, hehe. Pernah sekali gw nyampah disitu, dan gw sukses diceramahin sama penjaga pantainya.haha.


2. Pantai Pesaren










Hamparan padang dandellion, ratusan (bahkan ribuan pohon kelapa) ,  laut yang biru, apa yang kurang??  Mantap banget buat refreshing setelah ujian, atau kalo lagi ada masalah. Kalo ke sini pasti semua masalah bisa terlupakan deh,hehe. Biasanya gw manggang ayam atau ikan disini bareng teman-teman. Kehausan?? Kelapa muda selalu tersedia (asal bisa naik aja ya),hehe. 2 thumps up..



3. Pantai Penyusuk






Dari semua pantai, Pantai Penyusuk memiliki air yang paling biru dan jernih, dan banyak batu-batu kecil di sekeliling pantai juga. Kalo ada wisatawan datang ke Belinyu,  mereka biasanya mencari pantai ini. Dulu dengar-dengar pemerintah mau mengorbitkan pantai ini sebagai tujuan wisata, tapi sampai sekarang belum ada bukti konkrit.


4. Pantai Romodong













Pantai mana yang memiliki gerbang dari batu alam, Batu kodok, pohon kelapa bercabang dua? mungkin sulit mencari pantai seperti pantai romodong ini. Suasana disini tenang  banget, cocok buat yang mau merilekskan diri. Kalo sempat, sempatin diri kalian buat liat sunset disini, dijamin ga bakalan nyesel.hehe

5. Bubus






Pantai ini langsung berhadapan dengan Laut lepas.ga ada batu karang, ga ada batu -batu kecil, ombak gede. Rada ngeri juga kalo berenang disini. Kalo punya nyali gede, boleh di coba berenang disini..




Mungkin cukup sekian dulu postingan gw kali ini. Semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca.. bye2 ^^

2 comments:

  1. bwt gw iri aj liat fto"na...
    ckckckckk...
    baca kta" u jdi sediih d...

    ReplyDelete
  2. waduh....
    ado bkat nh jadi fotografer fer...
    hehehehe

    ReplyDelete